MADU KAMI DIJAMIN 100 % ASLI, HASIL PETERNAKAN SENDIRI

LACAK KEBERADAAN BARANG YG DIKIRIMAN SUDAH SAMPAI DIMANA

Kamis, 25 Agustus 2011

MADU


Madu adalah cairan kental yang dihasilkan oleh lebah madu dari berbagai sumber nectar yang masih mempunyai keaktifan enzim diastase.
Faktor – factor yan mempengaruhi produksi madu adalah :
  1. Kesediaan pakan lebah penghasil nectar dan pollen bunga.
  2. Cuaca, kelembapab dan tempratur udara.
  3. Proporsi koloni lebah yang tertinggi pada saat produksi nectar paling banyak.

Madu yang siap dipanen adalah apabila sisiran sarang yang berisi madu telah tertutup oleh lilin lebah. Sebagai patokan, tunggulah hingga paling sedikit sepertiga dari sel sel sarang madu telah tertutup lilin. Hal ini dilaksanakan agar kadar air madu tidak terlalu tinggi yaitu dibawah 20%.

Pemanenan madu tdak terlalulu sulit bahkan sangat mudah dan pelaksanaannyapun sangat sederhana. Sisiran (frame) sarang yang penuh madu diambil dari stup kemudian dihentakan agak kuat untuk menurunkan lebah-lebahnya. Lebah yang masih tersisah dan menempel pada frame di bersihkan dengan sikat lebah. Untuk membukan tutup sel sel yang berisi madu dialkukan pengupasan menggunakan pisau tajam yang bersih. Setelah tutup sel di buka, sisiran sisiran sarng kemudian kemudian dimasukan kedalm ekstraktor untuk mengeluarkan madunya. Setelah diambil madunya, sisiran sisiran sarang dikembalikankedalam stup untuk diisi kembali oleh lebah.

Sumber : buku petunjuk beternak lebah. Oleh PUSAT PERLEBAHAN PRAMUKA

 
Denawi Usman 087832901985 semarang web desain