MADU KAMI DIJAMIN 100 % ASLI, HASIL PETERNAKAN SENDIRI

LACAK KEBERADAAN BARANG YG DIKIRIMAN SUDAH SAMPAI DIMANA

Selasa, 23 Agustus 2011

ROYAL JELLY


Dalam kehidupan keluarga lebah, royal jelly merupakan bahan makanan yang diperuntukan bagi semua tetasan lebah (larva) umur 1-3 hari. Dari makanan utama, larva calon ratu (queen cell) dan ratu lebah yang terus diberikan sampai ratu lebah mati. Royal jelly ini dihasilkan oleh lebah madu dari jenis lebah pekerja muda umur 3 – 13 hari, dan disekrrskan melalui kelenjar hipofarink (kelenjar ujung tenggorokan) dari proses metabolisme dangan bahan baku madu dan pollen.

Metode produksi royal jelly pada prinsipnya sama dengan produksi ratu lebah, yaitu merupakan hasil imdifikasi teknologi menggunakan mangkokan mangkokan ratu yang diisi larva umur 1-2 hari dan dipasangkan pada bagian frame untuk selanjutnya dimasukan ke dalam koloni cell builder, pemanenan royal jelly dilakukan setelah 3-4 hari dari mulai grafing (memindahkan larva lebah mangkokan ratu).

Royal jelly adalah jenis makan dengan kandungan nutrisi yang sangat komplek dan merupakan bahan katalis yang terlibat dalam penyimpanan dan menjaga nutrisi untuk keseimbangan system serta meningkatkan metabolisme. Berdasarkan alasan tersebut. Stein (1986) merkomendasikan royal jelly untuk pengobatan atau perawatan pada penyakit atau gejala sakit, antara lain, hepertensi, eksim, impotent, insomnia, meingkatkan fertilitas, dan hernia. Royal jelly dapat pula dihunkan sebagai bahan kosmitika yang sangat berperan dalam meningkatkan atau perawatn kecantikan.


Sumber : Buku petunjuk beternak lebah, Pusat Perlebahan Pramuka

 
Denawi Usman 087832901985 semarang web desain